Header Ads

test

Saran untuk Keamanan Device

Saran untuk Keamanan dan Kenyamanan dalam menggunakan Android Device

Beberapa orang pasti pernah mengeluh karena adanya problem di hp-nya . Baik seperti iklan mengganggu maupun virus yang banyak . Hal ini bisa dikarenakan faktor pengguna atau juga faktor dari internet . Ada juga orang yang pasti berkata "HP apaan ini banyak virusnya , banyak iklan lagi , lemot juga" . Namun penyebab dari semua itu bukanlah dari HH nya atau dari dunia internet , melainkan kelalaian dan ketidakdirawatnya HH tersebut oleh sang user . 
Disini kita sebut saja pengguna sebagai "USER" , dan HP (kebanyakan android) sebagai "HH".

Akan saya sedikit gambar/ilustrasikan tentang Directory HH android menurut pengalaman saya .

Hasil gambar untuk directory android


Pasti kalian pernah membuka File Manager kan ? Pastinya pernah dong . 
Setelah membuka file manager pasti akan muncul beberapa file seperti ...

Android
Browser
com.facebook.katana
DCIM
documents
Download
dan masih banyak lagi.

Semua file diatas dinamakan Internal Storage seperti yang kalian bisa dilihat di gambar di atas .
Untuk kamu yang menggunakan kartu memori/sdcard/Eksternal Storage contoh penyimpanannya hampir sama seperti Internal Storage , namun yang membedakan cuma sedikitnya file yang ada di Eks.Storage

Internal berarti dalam .
Eksternal berarti luar .
dan Storage berarti Penyimpanan . 

Kelebihan Eksternal Storage ini yakni bisa dilepas , dipasang ke HH lain.Berbeda sekali dengan Internal Storage , yang tidak bisa dilepas , diupgrade . Internal storage itu permanen kapasitasnya (tidak bisa ditambah maupun dikurang) . 

Saya jelaskan saja urutan yang benar mengenai directory android .

1.Root , root directory ini adalah tempat menyimpan ROM android dan System Data . Ini adalah komponen yang sangat sangat penting , tidak bisa dirubah atau lebih tepatnya Tidak Boleh dirubah! . Directory ini tidak bisa kalian akses tanpa akses Root .  Kalau directory ini dihapus 100% kemungkinan HH anda akan bootloop dan harus diflash untuk bisa digunakan kembali . 

2.Etc , directory ini kalau dibahasa Indonesia-kan berarti Yang Lain Lain . Terus apa maksud dan kegunaannya ? Etc menyimpan file2,alat2 system yang berguna dalam kenyamanan GUI . Kalkulator,Catatan,Alarm,Galery (apk) bisa dikatakan berada di dalam sini . Pasti kalian sudah tau kan apa yang terjadi jika dihapus . Saya sarankan untuk directory ini jangan dihapus lah demi kenyamanan user .
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. / , tanda garis miring mungkin bisa dikatakan bukanlah directory menurut saya . Fungsinya yakni sebagai pemisah Int/Ext storage dengan Etc dan Root directory . 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4.Int/Ext storage , sudah saya jelaskan tadi di atas , kalau lupa bisa scroll ke atas lagi .


Nah sekarang akan saya beri beberapa saran untuk keamanan dan kenyamanan menggunakan HH

1. Gunakan antivirus minimal 1 lah yang terpercaya , saya sendiri menggunakan dua antivirus bawaan yaitu Avast dan Tencent . Mereka berdua adalah antivirus terkuat menurut saya , Kenapa begitu ? karena sudah 3 tahun HH saya masih sehat wal'afiat . 

2. Masalah Surfing di Internet . Pasti dari kalian banyak sekali yang tidak suka browsing di internet dikarenakan beberapa faktor misalnya , infonya palsu , tidak bisa dibuka (lama dibuka) , banyak iklannya , tidak mau klik atau scroll langsung pindah halaman . Akan saya jelaskan beberapa :
    a) Infonya palsu , kalau yang ini sih 80% google tidak akan memindainya dan menaruhnya paling atas . Untuk alternative permasalahan ini biasanya ada user lain yang komen di blog tersebut seperti contoh "Info fake/palsu ini , jangan percaya" , namun jika tidak ada dan anda merasa info tersebut palsu anda bisa langsung laporkan blog tersebut . Masalah ini menurut pengalaman saya kebanyakan info dari orang indonesia saja , kalau anda mencari dalam bahasa inggris , 90 % info tersebut pasti asli namun anda harus menjermahkannya sendiri juga .

   b)Halaman tidak bisa dibuka , masalah ini merupakan masalah yang sepele . Ada dua faktor penyebab yaitu Kecepatan Internet kalian lambat untuk membuka halaman tersebut
 dan Halaman tersebut down . Untuk speed internet bisa anda tanyakan ke cs provider kalian masing2 . Dan untuk masalah Website Down ya tidak ada solusinya , harus pemilik website tersebut yang membenarkan . 

   c)Banyak iklan , harus anda ketahui mencari dan memberikan informasi itu tidaklah mudah , perlu perjuangan . Kalau ada iklannya ya harap dimaklumi mereka sedang mencari uang dengan memberi informasi kepada kalian . Kita harus membantunya dengan mengklik min 1 iklan saja kemudian kembali lagi tidak apa apa . Saya tidak menyarankan cara alternative supaya tidak ada iklan ini ya , anda bisa menggunakan fitur adblock untuk memblokir iklan , ya walaupun tidak 100% .

3. Jangan mendownload aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya , saya telah melakukan sebuah proyek metasploit dimana saya menyisipkan payload (anggap saja virus) kedalam sebuah aplikasi  dan  menginstalnya , kemudian saya berhasil merampas semua file2 dan mengontrol-nya (proyek ini saya lakukan di HH saya sendiri loh , jangan salah sangka) . Jadi jangan pernah mendownload aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya .

4.Untuk masalah iklan yang muncul padahal anda tidak melakukan apa apa , saya sarankan flash ulang . Karena virus Iklan sudah terpasang di Root Directory . Anda tidak bisa mencari virus tersebut di Root Directory bukan , makanya kita flash ulang supaya FULL CLEAN , BERSIH KINCLONG SEMUA .Oiyah penyebabnya karena anda menginstall aplikasi yang terinfeksi virus .

5.Jangan pernah melakukan rooting android , kecuali anda tahu maksud,tujuan, dan fungsi melakukan root .

6.Penyimpanan tiba2 penuh padahal tidak menginstall apapun dan menyimpan apapun ? Flash ulang saja , Directory root anda sudah diisi oleh sampah anda , untuk itu harus dibersihkan . Kenapa tidak menggunakan Aplikasi Cleaner ? jawab saya Emang bisa ? Playstore tidak mengijinkan anda melakukan penginstalan jika penyimpanan anda sudah penuh . Walaupun bisa itu hanya merubah 1/3 kemungkinan .

Ya itu saja yang bisa saya sampaikan , untuk saran lainnya akan saya tulis lagi kapan kapan .
See you on Next Article ^_^







No comments